For Special Rate
Please Contact

+62.274.2820666
+62.81125.6622
+62.817238.1111
Spot Foto Alam di Yogyakarta
Spot Foto Alam di Yogyakarta
22 July 2017

Yogyakarta merupakan wilayah setara dengan provinsi yang terletak di sebelah selatan Pulau Jawa. Selain berstatus sebagai kota pelajar, Yogyakarta juga menjadi tujuan wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan karena Yogyakarta masih menyimpan tempat-tempat unik dan menarik.

Selain terkenal dengan Malioboro, Yogyakarta juga memiliki tempat-tempat menarik lainnya, terutama wisata alamnya yang indah dan sangat bagus untuk dijadikan spot berfoto.

 

PUNCAK BECICI

 

Puncak Becici berada di Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul atau 30 Km dari pusat kota Yogyakarta. Untuk menuju ke Puncak Becici, wisatawan bisa melewati jalur Yogyakarta-Wonosari. Namun, pastikan kendaraan prima. Karena jalan yang harus dilalui naik turun dan berkelok.

Puncak Becici memiliki hutan pinus seluas 4,4 hektar dengan hawa yang sejuk. Pada sore hari, pengunjung bisa menikmati sunset. Dari sini pula, pengunjung bisa melihat kecantikan Candi Prambanan bagian utara serta indahnya pantai selatan dan sore hari merupakan waktu paling bagus jika ingin menikmati panorama di Puncak Becici.

Puncak Becici merupakan salah satu lokasi dari Blok Mangunan. Blok Mangunan sendiri terdiri dari 7 blok yang dikelola masyarakat untuk wisata. Lokasi ini dulunya hanya hutan pinus yang disadap getahnya. Setelah dikelola sebagai lokasi wisata di akhir 2015, tidak ada lagi penyadapan pohon pinus. Mereka fokus mengelola pariwisata.

Pucak Becici terbilang nyaman karena dilengkapi berbagai fasilitas, seperti mushola, toilet, dan outbond.

 

HUTAN PINUS MANGUNAN

 

Kawasan Hutan Pinus Mangunan menjadi salah satu tempat wisata favorit baru warga Jogja dan sekitarnya, karena kawasan ini memiliki pemandangan yang indah dengan udara yang sejuk.

Hutan Pinus Mangunan adalah hutan terbuka yang terdiri dari banyaknya pohon pinus. Selain lokasi yang teduh karena berada di kawasan hutan, Hutan Pinus Mangunan juga cocok sebagai tempat untuk berfoto.

Hutan Pinus Mangunan memiliki sesuatu yang unik, yaitu panggung beserta kursi penontonnya yang melingkar dan terbuat dari kayu pohon pinus, terlihat seperti panggung theater. Selain menjadi spot foto, suasana yang diberikan juga sangat alami, sangat cocok untuk dijadikan tempat bersantai bahkan menjadi tempat untuk beraksi seperti memanfaatkan panggung sebagai tempat untuk bermain musik dan memberikan hiburan kepada wisatawan.

Lokasi Hutan Pinus Mangunan juga tidak terlalu jauh dari Kota Jogja yaitu sekitar satu jam saja berkendara. Aksesnya juga sangat mudah karna lokasinya yang satu arah dengan Imogiri.

Kawasan Hutan Pinus Mangunan merupakan dataran tinggi. Dari beberapa spot, kita bisa melihat pemandangan Kota Jogja dari ketinggian. Bahkan beberapa spot juga memungkinkan kita untuk menikmati pemandangan Geopark Gunung Sewu yang hijau membentang.

 

PUNCAK KOSAKORA

 

Puncak Kosakora merupakan salah satu destinasi wisata alam di Gunungkidul, Yogyakarta. Puncak Kosakora berada pada ketinggian sekitar 50 meter di atas permukaan laut, sehingga wisatawan bisa melihat pemandangan perbukitan, pantai, sunrise dan sunset di atas Puncak Kosakora.

Puncak Kosakora terletak di sebelah timur Pantai Drini, kurang lebih sekitar 2 km dari Pantai Drini. Akses jalan yang dapat dilalui yaitu dengan berjalan kaki melewati Pantai Drini atau melewati dua bukit yang hanya memiliki jalan setapak dipenuhi semak-semak.

Puncak Kosakora sangat cocok sebagai latar untuk berfoto, camping, dan melihat sunset dengan pemandangan laut yang indah saat sore hari.

 

EMBUNG BATARA SRITEN

 

Embung Batara Sriten merupakan embung buatan yang berada di atas bukit tertinggi di Jogja. Nama embung ini diambil dari nama Batara yang adalah singkatan dari nama lokasi bukit tersebut, yaitu Pengunungan Baturagung Utara yang terletak di Padukuhan Sriten. Daerah ini dulunya adalah lahan pegunungan dengan batuan karst atau batuan kapur yang tandus dan gersang, bahkan sering mengalami kekeringan saat kemarau tiba.

Tidak hanya keindahan dari Embung Batara Sriten saja yang dapat wisatawan nikmati, wisatawan juga bisa melihat Rawa Jombor dan Waduk Gajah Mungkur dari kejauhan, selain itu wisatawan bisa melihat sunset atau sunrise dari Embung Batar Sriten.

Embung Batara Sriten juga memiliki fasilitas gazebo yang bisa digunakan untuk bersantai sambil menikmati pemandangan, bahkan berfoto. Selain itu, wisatawan juga bisa memesan makanan dan minuman yang disajikan oleh warung sekitar sambil menghirup segarnya udara pegunungan.

Embung Batara Sriten buka setiap hari dari jam 5 pagi sampai jam 6 sore.

GUNUNG API PURBA NGLANGGERAN

 

Gunung Api Purba Nglanggeran merupakan gunung api yang kini sudah tidak aktif lagi. Gunung ini membentang sekitar 800 meter dan setinggi 300 meter dan terletak di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul. Wisatawan dapat melihat sunrise maupun sunset. Selain itu, wisatawan juga bisa melihat bintang ketika malam hari.

Gunung Api Purba Nglanggeran menawarkan kepada wisatawan untuk melakukan kegiatan seperti panjat tebing (rock climbing), tracking dengan berjalan kaki hingga ke puncak, camping, dan outbond.

Rute yang ditempuh dari pusat Kota Jogja bisa ditempuh 45 menit sampai 1 jam dengan kendaraan pribadi dan melewati Perempatan Ketandan (Perempatan Jl. Wonosari Ringroad), Jalan Wonosari, Piyungan, Bukit Bintang, Pertigaan Patuk (Radio GCD FM) belok kiri, Ngoro-oro, kemudian sampailah di Nglanggeran.

 

KEBUN BUAH MANGUNAN

 

Kebun Buah Mangunan berada di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Bantul. Kebun Buah Mangunan berjarak sekitar 15 km dari Ibukota Kabupaten Bantul dan 35 km dari pusat Kota Yogyakarta.

Anda dapat melihat berbagai macam pohon buah seperti rambutan, belimbing, durian, mangga, dan lain-lain. Tetapi wisatawan tidak diperbolehkan untuk memetik buah. Selain itu, terdapat kolam untuk bersantai dan disertai dengan ayunan dan permainan anak-anak lainnya.

Yang menjadi tujuan utama pergi ke Kebun Buah Mangunan adalah gardu pandangnya, pengunjung bisa melihat pemandangan pegunungan yang hijau serta Sungai Oya dan rumah warga yang berada di sekitar Sungai Oya. Anda juga bisa melihat Pantai Parangtritis dan kota Bantul dari ketinggian. Selain pemandangannya, udaranya sejuk karena berada pada ketinggian 150-200 m di atas permukaan laut.

Kebun Buah Mangunan buka sekitar pukul 8 pagi sampai 6 sore. Waktu terbaik untuk melihat sunset di Kebun Buah Mangunan sekitar pukul 5 sore.

KALIBIRU

 

Kalibiru merupakan salah satu tempat wisata alam yang terdapat di daerah Kabupaten Kulon Progo. Wisatawan dapat melihat pemandangan perbukitan dan Waduk Sermo dari atas bukit.

Kalibiru memiliki fasilitas untuk berlibur seperti pendopo, camping ground, outbond, warung makanan, dan menara pandang (gardu pandang) dengan pemandangan Waduk Sermo. Saat senja, wisatawan dapat melihat sunset dari menara pandang (gardu pandang) yang terbenam di arah barat.

Kalibiru terletak tepat di atas waduk sermo. Jika dari pusat kota Yogyakarta, pergilah ke arah barat menuju jalan wates. Ikuti jalan tersebut sehingga Anda akan disebarangkan oleh jembatan bantar yang menghubungkan Kabupaten Bantul dan Kabupaten Kulon Progo. Setelah sampai di Sentolo, belok ke kanan melewati Pasar Sentolo. Ikuti jalan tersebut hingga sampai di sebuah perempatan, belok kiri arah Alun-Alun Wates. Dari sini arahkan perjalanan ke barat melalui Jalan Wates-Sermo. Setelah melewati RSUD Wates ada pertigaan, belok kanan arah Waduk Sermo. Masuk ke Waduk Sermo, Anda tinggal mengikuti plang menuju Desa Wisata Kalibiru.

Kalibiru buka mulai pukul 9 pagi sampai 5 sore.